Senin, 06 April 2009

Ilmuwan Menemukan Ikan Aneh Laut Dalam yang Otaknya Transparan

Pada tahun 1939 ilmuwan biologi pertama kali menemukan semacam “Ikan Mata Tabung” yang bentuk luarnya aneh, ia mempunyai otak yang transparan dan mata yang berbentuk tabung, karena matanya berbentuk tabung, sebelumnya para ilmuwan menganggap pandangan ikan seperti lebih sempit. Namun penelitian ilmuwan belakangan ini menemukan, mata seperti itu bisa berputar, pandangannya tidak dibatasi.

Menurut laporan dari situs web “live science”, ikan di laut dalam yang memiliki mata berbentuk tabung dan otang tembus pandang ini, dinamakan sesuai dengan bentuknya “Ikan Mata Tabung”, nama ilmiahnya adalah Macropinna microstoma.

Para ilmuwan mengungkapkan, mata “Ikan Mata Tabung” khususnya bisa menfokuskan cahaya, dan mata juga bisa berputar, ini agar ikan mata tabung bisa memandang ke atas melalui otak, sehingga sangat cocok hidup di laut yang dalam dan gelap, ia bisa mencari mangsa melalui matanya yang berbentuk tabung.

Pada awalnya, para ilmuwan memperkirakan mata seperti ini menghadap ke atas, hanya bisa melihat bagian di atas kepala. Nemun percobaan belakangan ini mengungkapkan, mata mereka ditutupi pelindung yang penuh dengan cairan dan juga bisa berputar.

Sebelum ini, para ilmuwan pernah menganggap mata berbentuk tabung dari“ikan mata tabung” hanya bisa memandang ke atas, tidak bisa memandang ke depan, oleh sebab itu sulit untuk menangkap mangsa kecil.

Sekarang, Bruce Robison dan Kim Reisenbichler dariMonterey Bay Aquarium Research Institute California Amerika menggunakan instrumen remote control mengambil sepotong video, secara teliti meneliti “Ikan Mata Tabung” di lautan California tengah.

Team peneliti menemukan, pada kedalaman laut antara 600-800 m, video yang berhasil diambil oleh instrumen remote control menunjukkan ikan ini selalu terapung dalam laut dan tidak bergerak, di bawah sinar cahaya terang instrumen remote control, matanya memancarkan sinar hijau yang berkilau

Video yang berhasil diambil oleh team peneliti juga mengungkapkan beberapa rincian yang tidak diketahui sebelumnya, ditemukan bahwa mata "Ikan Mata Tabung" dilindungi oleh sebuah lingkaran perisai transparan di sekitar mata yang penuh dengan cairan, perisai ini bahkan menutupi seluruh kepala.

“Ikan mata tabung” panjangnya hanya belasan sentimeter, hidup dengan memakan ikan kecil dan ubur-ubur. Warna hijau di matanya dapat menyaring sinar matahari yang dipancarkan dari permukaan laut ke dalam laut, untuk membantu mereka menemukan ubur-ubur dan hewan lainnya yang bercahaya di atas kepalanya. Ketika mereka menemukan mangsa, seperti ubur-ubur yang mengambang, ikan mata tabung akan memutar matanya, bergerak ke depan dan ke atas, berada dalam kondisi untuk berburu mangsa.

1 komentar:

wisata seo sadau mengatakan...

keren banget kawan..
nice information..

Tengkyu.


Kontes SEO Aristia Wida Rukmi

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar